Atas Nama Keputusan Hidup

Sabtu, 03 Maret 2012 0 comments
Chapter I
            Atas Nama Keputusan Hidup

Perkenalkan nama gue Ganang Yogyasworo Purbo, gue seorang pelajar atau tepatnya mahasiswa di salah satu sekolah tinggi di Indonesia yaitu Sekolah Tinggi Akuntansi Negara yang disingkat STAN atau yang lebih banyak di kenal orang sebagai sekolah “Gayus”. Predikat itu muncul karena terkuaknya sebuah kasus korupsi yang sangat fenomenal yang mana menyeret seorang pegawai pajak lulusan STAN yang berimbas kepada seluruh mahasiswa STAN saat ini, ya termasuk gue. Yah tapi whatever perkataan orang tentang sekolah gue ini yang penting gue comfort disini, dan yang jelas masa depan gue udah di depan mata, dan yang terpenting di balik itu semua sekarang kedua orang tua gue bangga sama gue apalagi nyokap gue. Lo mau tau gimana ekspresi nyokap gue waktu pengumuman kelulusan penerimaan mahasiswa STAN.
            Waktu itu gue masih inget pengumuman kelulusan jatuh pada tanggal 5 November 2011 pas hari Sabtu yang mana gue lagi balik ke hometown dari kuliah gue di UGM. Owh iya gue belum cerita kalo sebelumnya gue udah keterima di perguruan tinggi favorit di Jogja, kota pelajar itu adalah tempat kelahiran bokap gue. Gue diterima di salah satu fakultas yang cukup lumayan aneh karena cuma di fakultas gue yang ada hutan buatannya, ya iyalah fakultas kehutanan masa mau ada rumah sakit Sardjito, itu berarti gue diterima di fakultas kedokteran. Yang lebih aneh kenapa waktu itu gue milih fakultas kehutanan. Oke balik lagi ke topik tepat pada malam harinya sebelum besoknya Hari Raya Idul Adha yang pasti gue besok bakalan kenyang banget sama masakan rendang buatan nyokap gue. Waktu malam itu jam menunjukan pukul 21.00 WIB gue lagi siap-siap ngatur – ngatur bantal yang pas di kasur gue, maklum gue orangnya gak kuat sama godaan dunia yang namanya bantal dan kasur, mungkin kalo tidur keseringan itu haram gue bakalan masuk neraka gara-gara tidur gue yang over dosis. Tiba-tiba handphone bunyi waktu itu nada deringnya “pergilah kau pergi dari hidupku bawalah semua rasa bersalahmu” lagu dari Sherina Munaf karena waktu itu gue lagi galau abis. <!--more--> Gue buka sms dan ternyata sms tersebut adalah sms mama minta pulsa. Isi sms nya gini ni
            Tolong kirimi mama pulsa, mama lagi ada urusan penting. Kirim ke nomor ini 081357893XXX     ini nomor mama yang baru, kirimin pulsa 20 ribu aja. Jangan telpon atau sms mama, mama           lagi di kantor polisi.
            Coba lo bayangin di zaman yang modern kayak gini minta pulsa cuma 20 ribu, yang lebih elit kek 100 ribu atau 50 ribu.Gue yang waktu itu sering dapat sms kayak begituan gue tanggepin biasa aja, karena waktu itu gue masih bisa dengerin ketawanya nyokap gue yang kalo dimirip-miripin kayak ketawanya mama dedeh di kamarnya dan gue hafal pasti dia lagi nonton acara favoritnya OVJ yang waktu itu Sule sama Andre yang lagi main. Gara-gara saking seringnya nyokap gue nonton OVJ sampai-sampai sepertinya dia keracunan sama yang namanya virus stereofom akut. Lo sering kan liat di OVJ banyak stereofom buat properti dan yang paling sering dipake parto mukulin sule, gue tau karena gue juga sering nonton bareng sama nyokap gue. Virus stereofom akut ini sepertinya udah menginfeksi  nyokap gue, pernah pada suatu pagi waktu gue lagi libur dan nyokap baru aja pulang nganterin adik gue. Gue punya adik, adik gue cewek namanya Galuh Purbaningrum dia satu-satunya adik gue karena nyokap gue KB bukan keluarga berencana tapi keluarga besar. Keluarga besar gue terdiri dari bokap, nyokap, gue dan adik gue. Lo semua pasti berpikir gue bego atau gimana karena sebuah keluarga yang terdiri hanya dari 4 orang adalah bukan keluarga besar namun keluarga yang biasa aja, tapi kalo lo semua liat foto keluarga gue pasti lo berkata “iya bener gan keluarga lo keluarga besar, gila badannya besar-besar”. Besarnya keluarga gue bukan karena keluarga gue keluarga yang obesitas atau gimana tapi karena keluarga gue gen nya dari nenek gue tinggi besar, cuma bokap gue yang tinggi besar ditambah kumis serta perut yang menggembung seksi sekali, karena bokap gue doyan banget makan.
            But, I’m not as cool as my Dad.
            Waktu nyokap gue balik dari nganterin adik gue dia balik dengan senyum sumringahnya membawa banyak sekali lembaran stereofom yang berwarna – warni. Gue kaget setengah mati mau buat apa nyokap bawa stereofom sebanyak itu biasa nya dia pulang bawa belanjaan buat di masak sarapan pagi. “Mampus gue!!!” pikir gue dalam hati, hari ini gue bakal makan oseng - oseng stereofom, kalo nggak semur stereofom buat sarapan pagi ini, gue langsung bergidik.
            “Ada apa kok kayaknya kamu kaget banget lihat mamah pulang dari nganter adik nggak kayak biasanya? Emang ada yang salah?” kata nyokap sambil ngelihat seluruh penampilannya dari ujung kaki sampai ujung kepala, takut-takut ada benda asing yang menempel di badannya.
            “Enggak mah aku cuma kaget aja lihat mamah pulang bawa stereofom banyak banget biasanya kan bawa belanjaan buat nyiapin sarapan, jangan bilang kalo itu sarapan pagi kita” kata gue
            “Ya nggak lah, sayang stereofom nya  kalo dimakan kamu, ini mau mamah pake buat bikin properti yang kaya ada di OVJ itu lho biar tiap kali mamah nonton mamah bisa ngerasaain feel nya jadi pemain OVJ, nanti kamu yang bikin ya” kata nyokap sambil mengelus – elus stereofom yang baru saja dibelinya dan menatap penuh kemenangan saat akan mempekerjakan gue jadi tukang stereofom.
            Pagi itu menjadi pagi yang sangat absurd buat hidup gue disaat banyak anak lain yang membantu ibunya di dapur, atau sekedar ngobrol sambil menikmati secangkir teh bersama. Gue pagi itu menjadi tukang stereofom dadakan demi rasa sayang gue terhadap nyokap, atau lebih tepatnya agar gue tidak kualat sama nyokap, dan uang jajan tetap mengalir ke dompet gue.
            Setelah sms mama minta pulsa yang gak penting itu nggak gue tanggepin gue balik lagi ke kasur gue karena dari tadi gue mendengar kalo kasur gue manggil-manggil minta di tidurin. Saat gue dalam proses menuju alam bawah sadar tiba-tiba handphone gue bunyi lagi. Gue berusaha untuk tidak memperdulikan hal tersebut dan melanjutkan tidur gue. Namun ada yang mengganjal di hati gue, nggak tau itu apaan yang jelas bukan batu, beling, ataupun paku dan kawat karena sebelumnya gue belum pernah makan yang kayak gituan. Gue berpikir pada saat itu jangan-jangan kali ini bukan sms mamah minta pulsa tapi sms papah minta pulsa. Gue bisa nggak menjamin kaya tadi waktu sms mamah minta pulsa karena nyokap gue tinggal serumah bareng gue bahkan kamarnya sebelahan sama kamar gue, nah kalo sms papah minta pulsa gue nggak bisa menjamin kalo bokap gue benar-benar gak minta pulsa. Bokap gue kerja di Kalimantan Timur tepatnya di kota Tarakan, dan dia balik kerumah tiap 6 bulan sekali itupun cuma 10 hari dirumah, jadi gue udah biasa hidup jauh dari bokap sekaligus gue juga menjadi pengganti bokap di rumahdan merangkap sebagai pembokat.         
            Gue beranjak dari kasur gue mengambil handphone yang tergeletak diatas meja belajar di samping kumpulan buku-buku favorit gue. Gue melihat ada sms dari temen gue yang berisikan “Selamat sob lo diterima di STAN”. Nyawa gue yang waktu itu yang mulai hilang setengah karena mau tidur sekarang balik lagi bahkan bukan cuma nyawa gue yang setengah itu yang balik, ternyata dia bawa nyawa-nyawa lain yang dia ajak masuk kedalam tubuh gue. Hasilnya gue mengeong-ngeong sendiri karena belakangan gue tahu kalau nyawa gue yang setengah ngajakin nyawa kucing sebelah yang ada sembilan dan dia pinjem satu buat masuk ketubuh gue. Sms temen gue itu gak langsung gue percaya. Gue gak langsung teriak dan lari-lari kegirangan karena gue belum lihat sendiri pengumuman itu dengan mata gue sendiri. Gue nyalain laptop dan gue tancepin modem, selama gue mencoba membuka hasil pengumuman penerimaan mahasiswa STAN gue berdoa semoga pulsa modem bisa diajak kompromi. Benar saja gue coba untuk connect ke internet dan hasilnya tetep nggak bisa. Gue bingung mau beli pulsa kemana jam segini lagian gue nggak punya duit. Tiba – tiba muncul ide gila dari sms mamah minta pulsa tadi. Gue forward sms mamah minta pulsa tadi dan gue kirim ke bokap gue namun nomor yang ada sebelumnya gue ganti nomor yang ada di modem gue. Tak berapa lama handphone berdering ada panggilan masuk yang ternyata bokap gue. Gue angkat telpon dari bokap, terdengar suara dari sana
            “Halo kamu tadi sms ke bapak ya kalo mamah minta pulsa?” kata bokap gue di seberang telepon.
            “Iya pah katanya penting tadi nyuruh aku suruh sms ke papah” kata gue, berharap benar-benar bakalan ngirimin pulsa ke gue.
`           “Udah kok udah tadi udah bapak kirim ke mamah ”kata bokap, tiba-tiba nyokap masuk ke kamar gue dan dia ngomong “Kok tadi papah ngirimin pulsa ke mamah ya padahal mamah gak minta lho” kata nyokap gue dengan muka yang tanpa salah, lalu nyokap teriak ”makasih ya pah udah ngirimin pulsa” berharap bokap gue dengar yang saat itu lagi telponan sama gue.
            Gue yang saat itu akan tersenyum mendadak balik 180 derajat jadi diem dan tatapan kosong. Akhirnya gue bilang ke bokap kalo gue butuh pulsa modem buat lihat pengumuman penerimaan mahasiswa  STAN di internet dan tak berapa lama bokap pun mengirimkan pulsa ke gue. Gue buka situs www.stan.ac.id , gue cari dan akhirnya ketemu pengumuman kelulusannya. Gue cari nama gue pelan-pelan, gue lihat nama temen-temen gue satu persatu namanya muncul, dan akhirnya giliran nama gue yang tertera pada pengumuman tersebut. Pada saat melihat nama gue ada di situ gue berniat langsung ngasih tau ke nyokap gue, tapi niat itu gue urungkan  karena takut ekspresi nyokap gue yang berlebihan saking senengnya gue keterima, bisa-bisa dia langsung keluar rumah teriak-teriak kegirangan. Namun satu hal yang belum gue sadari bahwa gue harus ngejalanin pendidikan STAN di Manado, yang gue tahu selama ini kalau yang namanya STAN itu kampusnya di Jakarta. Pada saat melihat kalau gue harus ngejalanin pendidikan di Manado yang ada di pikiran gue bukan cewek manado yang cantik-cantik ataupun kota Manado yang indah, yang ada dipikiran gue waktu itu adalah gelap. Gue bingung harus gimana tahu kalau gue diterima dan harus hidup di Manado, gue mau seneng tapi jauh dan gue belum tahu apa yang ada di kota itu, mau nggak seneng berarti gue nggak bersyukur kalau selama ini gue berdoa sama Allah gue minta diterima di STAN.
            Gue pikir dari pada gue galau mikir hal itu akhirnya gue ngasih tahu ke nyokap kalau gue di terima di STAN, dan gue harus pergi jauh ke Manado. Gue berjalan menuju kamar nyokap seperti biasa dia sedang asik nonton acara tv favoritnya, selama gue mau ngomong ke nyokap gue udah pikir konsekuensinya kalau-kalau dia mau teriak-teriak kegirangan jadi gue bawa lakban berharap bisa menghambat nyokap buat teriak.
            “Mah aku tadi buka pengumuman STAN, aku diterima mah tapi pendidikannya jauh di Manado” kata gue sambil menutup telinga berharap teriakan nyokap tidak merusak pendengaran gue.
            Benar saja nyokap yang tadinya konsentrasi nonton acara favoritnya, dia langsung teriak kegirangan dan langsung memeluk erat gue sampai-sampai gue susah untuk bernapas. Adik gue yang ada dikamar lagi belajar pun sampai keluar dari kamarnya kaget mengira ada sesuatu yang mengejutkan.
            “Ada apa si mah kok heboh banget?” tanya adik gue
            “Ini mas Ganang keterima di STAN mamah seneng sekali, kamu juga harus rajin belajar ya biar bisa sekolah di sekolahan yang bagus” nyokap gue memberi nasihat kepada adik gue.
            Gue hanya bisa terkapar di ranjang nyokap, karena efek dari pelukan nyokap yang sangat erat membuat seluruh tulang gue kaya remek. Nyokap langsung telpon ke bokap kalo gue keterima di STAN dan setelah bokap taju dia menelpon ke seluruh keluarga baik itu keluarga dekat maupun keluarga jauh.
            “Mah pendidikan ku jauh lho di Manado, aku belum tahu daerah sana dan belum pernah kesana, belum tahu adat dan kebudayaan sana, belum tahu orang sana kayak apa, jadi gimana?” tanya gue yang agak khawatir dengan keberadaan gue disana.
            “Tenang aja mamah pernah hidup disana waktu papah kerja disana dan waktu itu kamu juga udah lahir jadi kamu pernah ada pengalaman hidup disana, orangnya disana baik-baik, ceweknya cantik-cantik, tapi awas ya kalau kamu sampai pacaran atau nikah sama orang Manado mamah nggak bakalan setuju, nanti kalau kamu nikah sama orang sana kamu bisa-bisa lupa sama mamah sama papah sama adik kamu” kata nyokap gue yang berpikir terlalu panjang ke depan yang hasilnya malah tambah membuat gue tambah bingung.
            “Gimana mau pacaran sama cewek sana mah, pernah kesana aja belum mah apalagi kenal orang sana gimana mau pacaran mah” kata gue
            Daripada gue tambah bingung sama omongan nyokap yang makin lama makin ngelantur ngomongin hal-hal yang gak kepengin gue tahu mending gue balik ke kamar. Di dalam kamar gue nggak bisa tidur ngebayangin gimana kota Manado yang bakalan gue tinggali selama 1 tahun ini. Gue googling cari-cari informasi tentang Manado. Ternyata benar omongan nyokap gue sepanjang gue cari-cari gambar tentang kota manado yang muncul selalu gambar cewek-cewek manado yang terkenal cantik-cantik dan putih-putih. Gue lalu cari di google map lokasi pendidikan gue selama satu tahun kedepan. Gue cari akhirnya ketemu dan yang gue harapkan ternyata jauh berbeda dengan apa yang ada dalam pikiran gue. Google map menunjukan bahwa lokasi pendidikan gue ada di tengah tengah hutan jauh dari hiruk pikuk kota, disamping dan disekeliling bangunan yang bakal jadi kampus gue itu cuma ada kebun-kebun pohon kelapa yang menjulang tinggi. Gue semakin ngerasa gue bakalan terdampar disana tanpa seorang teman. Tapi terkadang demi kebahagiaan diri sendiri dan demi kebahagiaan orang tua dibutuhkan pengorbanan. Gue putuskan gue bakalan tetep berangkat ke Manado.




Description: C:\Program Files\Microsoft Office\MEDIA\CAGCAT10\j0217698.wmf

            Rutinitas pergi ke kampus di UGM gue jalani seperti layaknya sedia kala. Gue berangkat kampus setiap pagi jam 07.10 dan balik buat tidur siang tiap jam 11.00. Seperti biasa kuliah gue dimulai jam 07.10 dan gue pasti telat setiap berangkat kuliah karena dosen gue selalu ngasih toleransi waktu selama 20 menit dan hal tersebut selalu gue manfaatkan dengan baik. Pagi itu adalah hari Senin yang dimana bakalan menjadi hari yang sangat sibuk bagi para pekerja, namun bagi gue pagi itu adalah pagi yang sangat menyenangkan karena hari itu cuma ada satu mata kuliah yaitu Pengantar Ilmu Hutan. Dosen untuk mata kuliah ini bagi gue lebih tepat kalau disebut preman daripada seorang dosen. Orang nya udah tua, selera humornya tinggi tapi yang lebih mencengangkan gaya bicara dan sikapnya jikalau beliau marah tidak layak kalau dia berumur sekitar 70an. Pernah suatu ketika beliau marah, saat itu ada temen kelas yang duduk di bangku sebelah gue ngobrol sama temen sebelahnya. Seketika dosen gue yang tahu kalau temen sebelah gue lagi ngobrol dia langsung marah, keluarlah seluruh isi kebun binatang dan seluruh mahkluk halus dari mulut beliau. Gue ngeri saat dosen gue ngomong monyet, anjing, babi, dan kawan-kawan. Hal yang aneh saat itu yang gue pikir dalam otak gue, kenapa tiap kali orang marah kenapa kata-kata yang keluar sebagai pelampiasan kemarahan mereka adalah nama-nama binatang yang tidak enak untuk didengarkan. Kenapa nama-nama binatang terus yang disebut, coba sekali-sekali kalo lo marah ganti kek jangan nama binatang, nama buah-buahan kek, contohnya saat lo marah sama temen lo lo bilang ke dia gini “lo bikin emosi gue terus dasar dukuh lo, salak, belimbing, semangka tanpa biji, mangga, kedondong” kan lebih enak tu jadi lebih seger kedengarannya, dan kalo lo males nyebutin seluruh nama buah-buahan buat ngeluarin emosi lo ke seseorang lo bisa singkat semua emosi lo pake satu kata “lo bikin gue marah terus dasar lo RUJAK”
            Pagi itu gue nggak biasanya masuk ke kelas dalam keadaan dosen gue belum di dalam kelas. Gue langsung duduk di bangku kosong deket temen gue, di kampus ini gue punya temen deket yang baru aja gue kenal sewaktu kuliah di sini. Nama temen gue itu Hanif dan Dimas. Kita bertiga sering pergi main bareng, makan di kampus, ngerjain tugas sampe bolos kuliah bareng. Layaknya pertemanan pada umumnya kita bertiga punya basecamp, tempat tongkrongan kita bertiga selain di kantin kampus, food court Sami Asih, warung makan Penyetan deket kampus, juga di kos Hanif. Hal yang paling sering kita lakuin bareng adalah main PES di komputer Hanif, dan nggak jarang gue sama Dimas nginep di kosan dia sampai-sampai kita berdua dimarahin sama bapak kosnya Hanif. Gue duduk di bangku dan nggak berselang lama dosen gue dateng. Selama dosen gue mengajar materi kuliah, gue nggak bisa konsen dengan materi yang beliau berikan. Ternyata bukan cuma gue yang nggak konsen sama mata kuliah ini tapi gue lihat sekeliling dan ternyata banyak temen-temen gue yang lagi main handphone buka-buka facebook, ada yang browsing internet dan yang paling parah ada yang tidur sampe ngiler di bangku kuliah.
Gue saat itu mencoba untuk mulai konsentrasi terhadap mata kuliah yang diberikan oleh dosen gue, tapi godaan-godaan lain lebih kuat daripada niat dan tekad gue saat itu. Gue ngebayangin apa gue bener-bener bisa ninggalin kampus ini, kampus yang bikin gue terlihat lebih cool dimata orang, apa gue bakalan bisa ninggalin temen-temen gue yang baru aja gue kenal, apa nanti di STAN gue bisa ngerasain suasana yang sama waktu gue disini, bisa punya temen yang asik kayak temen-temen gue disini,apa gue bisa nggak berangkat telat tiap kali kuliah di STAN, nggak seperti waktu kuliah di sini, apa gue bisa ninggalin kota Jogja ini yang dimana gue pernah tumbuh besar disini dan menggantinya dengan kota Manado yang sangat asing bagi gue. Semua hal yang ada dalam pikiran gue itu membuat gue semakin bingung dengan keputusan yang akan gue ambil. Tapi itu semua adalah keputusan yang harus gue ambil. Gue pernah denger kalo hidup itu adalah tentang pengambilan keputusan, dan mungkin keputusan gue ini adalah tentang kelanjutan kehidupan gue kelak. Apapun yang terjadi keputusan itu harus gue ambil seberapapun besarnya resikonya harus gue tanggung.
            Lamunan gue selesai tepat saat dosen membubarkan kelas, seluruh mahasiswa keluar dari kelas begitu juga gue. Gue langsung cabut menuju kantin cuma buat sekedar menikmati secangkir kopi hangat, kenapa waktu itu gue cuma minum dan nggak makan, duit jatah bulanan udah habis karena gue keseringan nonton dan duit gue sepertinya juga nggak betah lama-lama di dompet. Di kantin seperti layaknya anak kuliahan pada umumnya, temen-temen gue makan ada juga yang cuma minum, bahkan yang paling parah ada yang cuma nonton temennya makan atau minum. Nih gue kasih rumus sederhana buat para anak kos di Indonesia. Tingkat ketipisan dompet mahasiswa berbanding lurus dengan semakin besarnya nominal angka yang ada di kalender. Contoh sederhana dari rumus yang gue kasih tadi ada pada diri gue. Pada saat awal bulan sekitar tanggal 1-5 adalah tanggal-tanggal dimana anak kos seperti hidup kembali setelah lama tertidur karena kelaparan. Saat awal-awal bulan makanan gue bergizi tinggi. Gue sering makan di WS (Waroeng Steak), mas-mas penjaga WS aja sampai hafal pesenan gue, tenderloin double sama strawbery milkshake. Makan-makanan bergizi bagi gue hanya bertahan sekitar 20 sampe 25 hari, sisa dari hari itu gue harus siap makan serabutan. Lihat perbandingan makanan gue saat awal bulan dengan akhir bulan. Kalo awal bulan gue masih bisa makan steak sama milkshake, di akhir bulan gue cuma makan indomie tanpa telor dan segelas air putih di kantin kampus. Ironis memang ngelihat derita gue saat itu, tapi itu memang realitas yang terjadi pada anak-anak kos. Jadi kalau waktu itu gue cuma bisa menikmati secangkir kopi hangat berarti gue masih lebih beruntung daripada temen gue yang cuma bisa ngeliatin temennya makan dan minum di kantin.
            Hari itu gue ada janji sama kasur di kosan gue kalau gue bakalan ngelanjutin kemesraan gue sama dia pas balik dari kampus. Berhubung hari itu kuliah cuma satu gue langsung buru-buru balik sebelum mata gue merem pas gue lagi di jalan menuju arah kos gue. Kosan gue punya ukuran 3X3,5 meter, cukup sempit buat gue dengan semua barang-barang yang ingin gue masukin kedalam kamar kos gue. Sampai di kosan, seperti biasa saat akan tidur, gue melakukan ritual-ritual yang entah gue dapat darimana kebiasaan ini, gue harus minum susu dan tv harus nyala. Disaat orang lain bisa tidur dalam keadaan sepi atau tanpa suara, gue malah baru bisa tidur kalau ada suara tv yang menemani tidur gue. Alasan yang sampai sekarang yang masih gue pegang sampai saat ini mungkin karena gue takut kalo tidur dalam keadaan sepi. Mungkin dalam keadaan sepi gue bisa mendengar suara-suara aneh yang bikin gue takut seperti suara kuntilanak
            “kikikikikikikiki” anggaplah itu sebagai suara ketawa kuntilanak
            Ataupun suara ketawa temen kos kamar sebelah, dan suara aneh yang gue denger di sela-sela selingan tawa temen sebelah kamar gue. Gue nggak bisa niruin suaranya dan gue nggak bisa nulis disini karena suara yang gue denger setiap malam mau tidur bukan suara ketawa dia ataupun suara dia lagi ngobrol sama temennya tapi suara game angry birds yang selalu dia mainin  tiap malam yang akhirnya membuat gue penasaran dan akhirnya besoknya gue ikutan main angry birds di laptop gue.
            Saat gue mau tidur pikiran gue kembali menerawang berpikir melanjutkan lamunan gue yang tadi saat kuliah di kampus.
            “Gue benar-benar harus ambil keputusan ini, semua ini demi masa depan gue, demi kebahagiaan nyokap dan bokap gue dan yang terpenting demi kebahagiaan gue kelak” kata gue dalam hati.
            Lamunan-lamunan gue saat itu berimbas pada rasa kantuk yang luar biasa. Gue terlelap tidur membawa seluruh lamunan gue ke dalam alam mimpi dan berharap semua mimpi ini akan jadi kenyataan terindah dalam hidup gue.

Description: C:\Program Files\Microsoft Office\MEDIA\CAGCAT10\j0217698.wmf
           
            Akhir-akhir perjalanan hidup gue di kota pelajar ini mungkin hanya untuk dua minggu kedepan. Gue harus menikmati semua hal yang belum sempat gue nikmatin di sini sebelum cabut ke negeri antah berantah yang belum pernah gue kunjungi. Hari-hari gue di Jogja diisi dengan jalan-jalan ke daerah-daerah yang belum pernah gue kunjungi, dan mencicipi kuliner yang belum pernah gue coba di sana. Gue pernah pergi ke pantai depok, pantai sundak, pantai baron dan seluruh pantai yang ada di Jogja. Kuliner di Jogja pun hampir gue coba semuanya. Pernah gue diajakin temen gue buat menikmati yang namanya kopi joss. Kopi joss adalah segelas kopi hitam panas yang dihidangkan dengan cara mencelupkan arang ke dalam gelas kopi tersebut. Gue sempat penasaran apakah kopi tersebut beracun atau tidak dan ternyata penampilannya sangat lain dengan rasanya, rasanya sangat enak bagi para penikmat kopi. Asumsi gue saat itu adalah orang yang menemukan kopi joss terinspirasi dari seni bela diri debus yang mana seseorang berjalan melewati tumpukan arang yang membara tanpa alas kaki.
            Kuliner lain yang gue coba adalah oseng-oseng mercon. Pertama kali gue denger namanya bayangan gue, gue bakalan makan kembang api atau petasan yang dimasak kecap atau di tumis. Oseng-oseng mercon tenyata nggak seseram namanya. Temen gue dulu pernah bilang ke gue katanya dia pernah makan makanan yang pedes abis , karena gue suka pedes jadi gue penasaran gimana rasa pedesnya oseng-oseng mercon.
            “Gan gue kemarin makan makanan namanya oseng-oseng mercon rasanya cuma satu pedes, pasti kali ini lo kepedesan, mata gue aja sampai sipit ni gara-gara kepedesan” kata temen gue mantap
            “Ye kalau mata lo sipit si udah dari sononya, lo cina ya jelas sipit. Ya udah ntar gue coba gimana rasanya” kata gue penasaran
            Karena gue orangnya gampang penasaran gue jadi langsung pengen ngerasaain rasanya makanan itu. Gue cabut ke tempat makan yang direkomendasikan oleh temen gue itu.
            Setelah gue pesen seporsi oseng-oseng mercon lengkap dengan nasinya gue juga pesen es jeruk dua gelas jaga-jaga kalau gue bakal kepedesan dan mata gue mendadak sipit gara-gara makanan itu.
            Setelah gue menikmati dan menghabiskan seluruh makanan nggak ada perubahan berarti pada muka gue, nggak kerasa pedes di mulut gue cuma kerasa agak panas di perut gue. Gue berniat untuk komplain ke temen gue yang udah nyuruh gue makan disini, jadi gue telpon dia.
            “Halo, heh lo gimana sih katanya makanannya pedes abis, kok gue nggak ngerasa kepe    desan?” kata gue agak kesel.
            “Masa sih padahal kemaren gue kepedesan banget pas makan disana” kata temen gue.
            “Kemaren kapan lho makan di sana?” tanya gue.
`           “Kemaren pas bulan puasa gue makan di situ, gue sampe kepedesan nggak tahan saking pedesnya” kata temen gue.
            “Tapi sekarang kenyataannya gue nggak kepedesan, padahal gue udah pesen es jeruk 2 gelas buat jaga-jaga kalau gue kepedesan” kata gue.
            “Bentar sob gue pikir kenapa lo nggak kepedesan” kata dia
            Dengan sabar gue menunggu temen gue selesai mikir di seberang telepon sana.
            “Gue tahu sob alasannya kenapa lo nggak kepedesan” kata temen gue seolah dia baru aja nemu jawaban uts kemarin.
            “Apaan?” tanya gue.
            “Gini sob gue kan kemarin makan pas lagi bulan puasa dan lo makannya baru aja, yang artinya lo makan pas bukan bulan puasa, iya kan” kata temen gue.
            “Trus hubungannya sama pedes dan nggak pedesnya oseng-oseng mercon sama bulan puasa, apaan coba?” tanya gue.
            “Lo nggak gaul si sob, gini pas bulan puasa kan banyak anak-anak yang mainan mercon otomatis pas bulan puasa banyak penjual mercon, nah sekarang bukan bulan puasa jadi nggak banyak yang jualan mercon, nah itu yang bikin lo nggak kepedesan makan oseng-oseng mercon, karena lo makan pada saat musim mercon udah lewat jadi tingkat kepedesannya berkurang, jadi jangan salahin gue kalo lo tadi makan nggak pedes” jawab temen gue dengan mantapnya.
            Gue hanya terdiam melihat jawaban cerdas yang dikemukakan oleh temen gue tersebut. Gue sekarang merasa bahwa gue adalah mahasiswa terbodoh di kampus dengan IP hanya 2,50 karena gue baru aja diberi penjelasan sama temen gue. Bahkan seorang Albert Enstein pun tidak akan bisa memberi alasan yang bagi gue saat itu adalah alasan yang cukup membuat gue berpikir apakah temen gue ini yang terlalu cerdas atau gue yang terlalu bodoh bisa mempunyai teman seperti dia.
            “Gimana sob lo paham kan penjelasan gue?” tanya temen gue seolah puas baru aja ngebodohin gue.
            “Nggak sob gue nggak paham” kata gue.
            “Nggak paham gimana lagi lo sob? Emang gue kurang jelas” kata dia.
            “Gue nggak paham. Gue nggak paham gimana bisa gue punya temen kaya lo” kata gue.
            Gue langsung buru-buru menutup telpon gue berharap gue tidak mendapatkan alasan-alasan lain dari temen gue yang mungkin akan membuat gue hilang ingatan sesaat.
            Dari percakapan tadi bersama temen gue, gue jadi berpikir hidup itu bukan untuk disalahkan, gue nggak boleh menyalahkan keadaan kalau gue harus berpisah dari temen-temen gue dan lingkungan gue yang udah cukup lama gue tinggali di Jogja. Mungkin di balik itu semua ada jalan lain untuk gue. Gue juga berpikir nyaman atau tidaknya gue dengan keadaan baru gue besok di Manado itu tergantung pada diri gue sendiri. Kalau gue mau nyaman gue juga harus bisa berbaur dengan lingkungan baru gue disana, dan kalau gue pengen punya temen yang asik kaya temen-temen gue sekarang, gue juga harus bisa jadi pribadi yang asik buat temen-temen baru gue besok disana.

0 comments:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Ama(s)tory | TNB