Edisi Bulan Ramadhan

Senin, 23 Juli 2012 2 comments
     Bulan Ramadhan telah tiba. Bagi semua umat muslim di dunia bulan inilah yang sangat dinanti-natikan dimana bulan ini adalah bulan yang penuh rahmat dan bulan dimana orang-orang berlomba-lomba mencari pahala. Bulan Ramadhan ataupun bulan Suci Ramadhan sangatlah identik dengan puasa. Puasa adalah menahan lapar dan haus serta menahan nafsu dan amarah dari waktu imsak tiba sampai dengan waktu buka puasa tiba.
     Bulan Ramadhan atau bulan puasa identik dengan berbagai makanan khas bulan puasa untuk berbuka antara lain, es buah, kolak, dan berbagai macam kue manis khas untuk berbuka puasa. Bulan Ramadhan bagi sebagian orang menjadikan berkah tersendiri, seperti menjamurnya para penjualan makanan untuk berbuka puasa. Bagi umat muslim, bulan Ramadhan adalah bulan untuk menguji kesabaran dan bulan untuk lebih mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.
     Tak terkecuali bagi gue, bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat gue tunggu-tunggu karena suasana di bulan Ramadhan yang ngebuat gue nyaman. Gue yang biasanya melewatkan hari pertama bulan Ramadhan di rumah dengan sahur bersama nyokap dan keluarga, buka bareng keluarga sekarang harus merelakan ngejalanin puasa pertama di sini, ya di sini di tempat gue menempuh pendidikan selama setahun, yaa Manado.
     Puasa di sini gue lalui bersama temen-temen gue satu angkatan di STAN D-1 Pajak Manado. Suasana puasa di sini sangatlah berbeda dengan suasana puasa gue di rumah. Kalau di rumah gue tinggal nunggu waktu buka karena semua makanan udah di siapin sama nyokap lengkap dengan berbagai macam jajanan khas bulan ramadhan, di sini semuanya berubah, nggak ada lagi makanan yang udah disiapin diatas meja, nggak ada lagi jajanan kesukaan gue buat berbuka puasa. Gue harus belajar mandiri di sini (mandi sendiri). Mandiri di sini adalah dalam artian gue harus nyari sendiri apa yang mau gue makan pas buka puasa nanti dan yang terlebih gue bakalan buka di kosan nggak bareng-bareng sama keluarga.
     Puasa di rumah bersama keluarga adalah hal yang sangat gue impi-impikan saat ini. Jikalau dulu-dulu impian gue adalah jalan-jalan keliling eropa bersama Tika Putri, sekarang gue lebih mementingkan untuk bisa berkumpul bersama nyokap, bokap dan adek gue. Damn I miss them so much. Namun gue harus sadar gue nggak bisa kumpul di rumah bersama keluarga untuk saat ini, gue masih harus nunggu saat liburan nanti, tanggal 11 Agustus, ya paling nggak masih 2 minggu lebih lah gue di sini.
     Tiket pesawat buat pulang pas libur lebaran nanti emang udah di tangan. Paling nggak gue masih bisa buat ngejalanin puasa di rumah bareng keluarga. Dengan tiket pesawat udah di tangan memberikan efek yang sangat buruk bagi gue. Tiap hari gue cuma mantengin tuh tiket dan liat kalender menghitung tinggal berapa hari lagi gue pulang ke rumah. Alhasil kuoliah gue pun semakin kacau, yang dulunya kacau sekarang tambah nggak karuan.
     Kalo biasanya gue di kelas selalu duduk paling belakang dan tidur di bawah AC, sekarang gue jadi nggak bisa tidur karena selalu ngebayangin apa-apa aja yang bakalan gue lakuin di rumah nanti, dan sekarang gue udah buat list mau ngapain aja besok pas gue udah pulang. Udahlah cukup jangan ngomongin soal pulang terus, gue jadi tambah pengin pulang ni sekarang.
     Oke balik lagi ke soal puasa. Puasa di sini agak berbeda dengan puasa di rumah. Menurut gue di sini kekeluargaan dan kebersamaannya lebih kental atau mungkin gue baru pernah ngalamin kali ya. Soalnya buka bersama di masjid disini lebih rame dan orang-orangnya baik-baik dan itu-itu melulu (baca; anak STAN), dan juga baru pertama kalinya gue ngerasaain sahur bareng di masjid dengan banyak orang dan saling berbagi. Semua pengalaman itu adalah hal-hal yang nggak pernah gue alami di rumah gue, kalo di rumah gue nggak pernah tu yang namanya buka dan sahur di masjid kalo taraweh baru di masjid.
     Satu lagi yang nggak ada di rumah dan baru pertama kali gue temuin di sini yang ngebuat bulan ramadhan makin semarak adalah bazaar ramadhan di masjid. Bazaar ramadhan adalah sebuah bazaar yang terdiri dari banyak penjual yang berkumpul di pelataran halaman masjid yang menjajakan beraneka macam panganan khas bulan ramadhan untuk berbuka puasa. Hal ini lah yang ngebuat gue semakin bingung mau makan apa gue pas buka nanti karena hampir semua makanan di sini enak-enak.
     Di bazaar ini juga gue sempet bantuin temen jagain sekaligus bantu jualan di stannya temen gue yang ngejual es manado. Apa itu es manado? susah ngejelasin pake kata-kata karena gue nggak tahu apa itu tapi yang jelas enak banget buat diminum pas panas-panas kayak gini apalagi baru pulang kuliah kayak pas waktu gue nulis tulisan ini. Hush kok malah ngomongin makanan? Udahlah daripada puasa gue batal gue akhiri aja ya tulisan gue kali ini.
     Habis ini gue mau berburu pahala dulu. Gimana caranya? Lo semua tahukan tidurnya orang puasa itu adalah ibadah, jadi gue mau tidur dulu ya biar dapet banyak pahala. Ayo lo semua yang pengen dapet pahala buruan tidur ntar gue habisin lho pahalanya. 

2 comments:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Ama(s)tory | TNB